Rabu, 12 Januari 2011

SCANNER

A. Pengertian Scanner
Scanner adalah suatu alat elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin fotokopi. Mesin fotocopy hasilnya dapat langsung kamu lihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya ditampilkan pada layar monitor komputer dahulu kemudian baru dapat dirubah dan dimodifikasi sehingga tampilan dan hasilnya menjadi bagus yang kemudian dapat disimpan sebagai file text, dokumen dan gambar.    Bentuk dan ukuran scanner bermacam-macam, ada yang besarnya seukuran dengan kertas folio ada juga yang seukuran postcard, bahkan yang terbaru, berbentuk pena yang baru diluncurkan oleh perusahaan WizCom Technologies Inc. Scanner berukuran pena tersebut bisa menyimpan hingga 1.000 halaman teks cetak dan kemudian mentransfernya ke sebuah komputer pribadi (PC). Scanner berukuran pena tersebut dinamakan Quicklink. Pena scanner itu berukuran panjang enam inci dan beratnya sekitar tiga ons. Scanner tersebut menurut WizCom dapat melakukan pekerjaannya secara acak lebih cepat dari scanner yang berbentuk datar. 
 
Ada dua macam perbedaan scanner dalam memeriksa gambar yang berwarna yaitu :
  • Scanner yang hanya bisa satu kali meng-scan warna dan menyimpan semua warna pada saat itu saja.

  • Scanner yang langsung bisa tiga kali digunakan untuk menyimpan beberapa warna. Warna-warna tersebut adalah merah, hijau dan biru.


  • B.CARA MENGINSTAL SCANNER 
      1. Pada posisi scanner sudah menyala, jika scanner sudah di konekkan dengan komputer     maka komputer mendeteksi ada device baru yang belum di kenal dengan di tandianya munculnya gambar yang bertuliskan wellcome to the found new hardware wizard. Disana akan terdapat pilihan, anda pilih yes, this time only kemudian next.  
     
    2. Pilih install the Software automatically (Remmendedd).

     3. Sebelum klik next masukkan terlebih dahulu CD drivernya. Setelah memasukkan CDnya dan klik next maka   akan muncul sebuah gambar yang bertuliskan Pleace Select The Best Match For Yuor Hardware From The List Below.

     4. Proses install akan berjalan secara otomatis, namun dalam tahapan tertentu kita diminta untuk mengisi nama user dan organisasi. Dan pada Lecencing Agreement pastikan kita menjawab dengan I Agree atau I Accept, yang artinya kita setuju untuk menginstal scanner tersebut.

      5. Setelah itu akan muncul gambar dengan tulisan Completing The Found New Hardware Wizard.

      6. Klik Finish. Kemudian instalasi diproses dan setelah selesai akan muncul gambar Congratulasion! Yang menandakan kalau proses Instalasinya sudah berhasil.

    C. Menggunakan Image Scanner Sesuai Dengan SOP
    Sebelum menjalankan mesin scanner, pastikan dahulu kabel scanner yang sudah disediakan, terhubung antara mesin scannerdengan komputer, pada komputer melalui portUSB. Selain itu pastikan software driver untuk scanner sudah terinstall. Apabila setelah software driverdiinstall, selanjutnya mengaktifkan
    software driver dengan langkah-langkahsebagai berikut:
    a.Klik start > control panel > klik icon “Caere scan manager"akan
    muncul halaman tampil sebagai berikut.
    b.Halamancaere scan manager 5.1”, akan berisi icon “Add
    Scanner”. Icon tersebut kemudian di-klik.
    c. Akan muncul halaman pilihan jenis-jenis pabrik dan type scnanner. 
    d. Arahkan pointer ke jenis scanner yang sesuai, kemudian klik next untuk
    melanjutkan operasi.
    e. Lakukan kembali klik next berikut ini, kemudian klik finish untuk
    mengakhiri proses
            f. Hasil akhir terlihat pada control panel icon halaman “caere scan manager 5.1” muncul Jenis Scanner sesuai  dengan spesifikasi  scanner yang Anda miliki.

    0 komentar:

    Poskan Komentar

     

    © 3 Columns Newspaper Copyright by ILmu Tentang Informasi Dan Jaringan... | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks