Rabu, 18 Agustus 2010

Hardware dan Tool dalam Jaringan

Untuk membangun jaringan komputer, tentunya ada persiapan dalam mendasain jaringan tersebut. Kemudian persiapkan hardware dan tool yang digunakan untuk membangun jaringan tersebut.
Hardware dan tool yang ada pada jaringan komputer tersebut ada beberapa macam. Berikut adalah macam – macam hardware dan tool yang ada pada jaringan komputer.

1. Twisted Pair Cable
Twited Pair cable atau yang orang – orang menyebutkannya sebagai kabel LAN merupkan media pada jaringan untuk menghubungkan suatu perangkat komputer ke perangkat komputer yang lainnya. Kabel ini dibuat dari bahan dasar tembaga. Karena bahannya itu, kabel ini sering digunakan karena harganya yang murah dibandingkan dengan kebel yang lain.
Untuk kabel ini terdapat dua jenis, yaitu Unshielded Twisted Pair dan Shielded Twisted Pair.
Unshielded Twisted Pair (UTP)
Kabel UTP ini
merupakan jenis dari kabel Twisted Pair yang sering digunakan oleh orang – orang dalam membuat jaringan komputer. Jenis kebel ini tidak memiliki pelindung kabel di dalamnya. Sehingga rentan terkena radiasi elektromagnetik yang menyebabkan terajdinya noise. Dan kebel ini lah yang paling murah dibandingkan dengan jenisnya yang ke dua.
Shielded Twisted Pair (STP)
stp Sama seperti kabel UTP, tetapi di dalam kabel tersebut ada semacam pelindung berbahan logam yang berguna untuk menghindari dari dampak radiasi elektromagnetik luar. Kabel ini jarang digunakan oleh orang. Mungkin harganya yang relatif mahal dibandingkan d
engan kabel UTP. Kabel ini sebenarnya ada juga macam – macamnya. STP, S/UTP, S/SUTP.
Pada STP bagian yang dilindungi logam hanya bagian konduktornya saja. Pada S/UTP bagian yang dilindungi hanya bagian dalam pelindung luar, jadi pelindungnya berlapis dua. Dan satu lagi S/STP bagian yang dilindungi logam yaitu konduktor dan bagian dalam pelindung luar. Jadi S/STP merupakan kabel Twisted Pair yang paling aman dari efek radiomagnetik.
2. Coaxial Cable
coaxialKabel coaxial ini juga berfungsi sama dengan kabel Twisted Pair yang digunakan untuk menyambungkan beberapa perangkat komputer sebagai media pengiriman data. Coaxial cable yang merupakan kabel yang sering digunakan oleh p
enyambung antena TV ke TV ini juga bisa sebagai media dalam jaringan komputer. Kabel ini menyalurkan data – data yang dikirim dengan mengubahnya menjadi sinyal listrik. Kabel ini mempunyai kemampuan dalam menyalurkan bidang frekuensi yang lebar. Kabel ini memiliki jarak pemasangan maximum 2000 km.
3. Fibre Optic Cable
Kabel ini merupakan media penyambung perangkat komputer
yang saat ini merupakan media termahal dalam segi bahan dan pemasangan. Kabel ini terbuat dari serat optik yang halus yang dibalut dengan lapisan plastik. Kabel ini memiliki transfer data yang sangat cepat dibandingkan dengan media kabel lainnya. Yaitu bisa mencapai 1Gbps. Kecepatan ini memang setara dengan harganya yang sangat mahal. Dan sampat sekarang kabel ini masih digunakan di kalangan perusahaan ISP.
4. Network Interface Card (NIC)
nic Merupakan hardware yang digunakan sebagai jembatan sebuah komputer ke komputer yang lainnya. NIC biasanya berupa kartu yang nantinya ditancapkan ke slot yang ada di motherboard. baik itu PCI, PCIe, atau pun yang lainnya. Kemudian NIC terbagi lagi menjadi dua yaitu NIC Fisik (NIC Ethernet, Token Ring, dll) dan NIC Logis (Loopback Adapter, Dial-Up Adapter,dll). Setiap perangkat NIC diberi nomor alamat yang berupa MAC Address.
5. HUB
hub HUB merupakan hardware jaringan yang fungsinya untuk menghubungkan beberapa peralatan – peralatan komputer yang menggunakan media kabel twisted pair, fibre optic, dll sehingga menjadikannya dalam satu segmen jaringan. HUB merupakan bagian bagian dari OSI Layer 1. Sehingga HUB tidak bisa menterjemahkan pengalamatan ketika melakukan pengiriman data. Otomatis ketika pengiriman data, sering terjadi colossion karena data dikirim ke seluruh komputer yang terhubung pada HUB tersebut.
6. Switch
switch Switch mempunyai fungsi yang sama dengan HUB akan tetapi Switch mempunyai kelebihan dibandingkan dengan HUB. Switch merupakan bagian OSI Lapisan 2. Sehingga mempunyai kemampuan untuk menterjemahkan alamat tujuan paket. Karena itu, paket tersebut hanya dikirim langsung ke kompter tujuan, tidak seperti HUB yang ke semua komputer. Jadi, Switch tidak pernah mengalami colossion ketika pengiriman data.
7. Router
router Merupakan hardware yang berfungsi sebagai penghubung atar dua atau lebih jenis jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan yang lainnya. Router memililki kesamaan dengan Bridge tetapi berbeda dalam skema pengalamatannya. Router menggunakan skema pengalamatan IP, sedangkan Bridge menggunakan skema pengalamatan MAC Address.
8. Router (Wireless)
router wirelessSama halnya dengan Router diatas. Tetapi media yang di routingnya berupa media sinyal atau wireless.
9. Bridge Router (Bridge & Router)
brouter Perangkat jaringan ini memiliki fungsi yang ganda, bisa berfungsi sebagai bridge dan bisa juga berfungsi sebagai router.
10. Modem
modem Modem memiliki kepanjangan MOdulator DEMulator. Perangkat jaringan ini sama fungsinya untuk menerima dan mengirim data. Modem, sebelum mengirim datanya, dia mengubah dahulu data dari komputer itu yang berupa sinyal digital menjadi sinyal analog. Begitu juga sebaliknya. Sebelum data itu diterima komputer, modem mengubah data berupa sinyal analog tersebut menjadi sinyal digital. Hal seperti ini juga serupa dengan Radio dan Telepon. Untuk modem ada dua jenis. Ada modem internal dan ada modem external. Dan kemudian terbagi lagi menjadi beberapa macam seperti modem GSM, modem CDMA, modem ADSL, dll.
11. Crimping Tool
crimping tool Crimping tool disini. Berfungsi ketika kita memasang kabel LAN. Ketika kita memasukkan jack RJ45 atau yang sejenisnya. Pastinya kita harus memotong setiap untaian kabel agar sejajar panjangnya. Setalah sejajar kita masukkan untaian kabel tersebut ke jack RJ45. dan dijepit dengan bantuan crimping tool agar kabel tidak goyang.
12. LAN Tester
lan tester LAN Tester disini berguna jikala ketika memasang kabel lan ada beberapa kabel bewarna tertentu yang terpasang kurang baik. Nah LAN terter ini berguna untuk mengecek apakah semua kabel dari setiap warna tersebut terpasang benar.
Dari beberapa hardware dan tool yang biasa dipakai di jaringan, hanya beberapa di atas saja yang saya bisa sebutkan. Mungkin hardware dan tool diatas merupakan yang paling sering digunakan.

1 komentar:

T. Khairil Ahsyar mengatakan...

tugasnya sudah saya koreksi...

Posting Komentar

 

© 3 Columns Newspaper Copyright by ILmu Tentang Informasi Dan Jaringan... | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks